Senin, 14 Desember 2009

NARKOBA??? enggak dechh!!!

NARKOBA??? Enggak dechh…

Apakah narkoba itu? Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lain. Dimana obat dan zat yang jika masuk kdalam tubuh, berpengaruh pada fungsi tubuh pada khususnya otak.

Yang termasuk narkotika : morfin, candu dan heroin
Yang termasuk psikotropika : ganja dan kokain

Penggunaan dan peredaran narkoba dan psikotropika diawasi secara ketat dengan undang-undang, yaitu UU RI No 22 tahun 1997 tentang narkotika dan UU RI no5 tahun 1997 tentang psikotropika, kepemilikan kedua barang tersebut jika tidak sah merupakan pelanggaran hukum.

Penggunaaan narkotikaberpengaruh terhadap daya tahan tubuh, syaraf otak, kejiwaan dan fungsi sosialnya.

Penjelasannya :

Narkoba antara lain :

Ganja ( kanabis, cimeng, marijuana, rasta, gelek, dop, mary jane)
Dimana ganja berasal dari daun dan pucuk bunga tanaman cannabis sativa yang berwarna hijau jika sebelum di keringkan dan coklat jika sudah dikeringkan.

Penyalahguna Cara Pemakaiannya??? di linting dan kemudian dihisap sebagai rokok

Pengaruh untuk siPemakai??? Ganja mengeluarkan rasa rileks, merasa gembira atau euphoria, merasa nyaman, dan merasakan sensu (sensasi palsu) dalam penciuman, pencicipan, pendengaran, maupun penglihatan ( halusinasi )

Akibatnya??? Dalam pemakaian jangka pendek : sipemakai akan merasakan meningkatnya napsu makan, denyut nadi berdetak cepat, penglihatan keganggu, dan tidak bias berpikir dengan baik.
Dalam jangka panjang : Perubahan warna suara lebih menjadi tajam. Daya piker melambat.
Dalam dosis yang sangat besar : gangguan jiwa

Pengguna ganja sudah pasti mereka kehilangan minat terhadap kegiatan sehari-hari. Contoh : males kuliah, sekolah, kerja dan tidak terbuka.


Ekstasi ( inex, fantasy pills, kancing, clarity)

Ekstasi adalah bahan psikoatif yang memacu kerja otak. Yang berbentuk bubuk, serbuk atau tablet, dan kapsul.

Penyalahguna Cara Pemakaiannya??? Ditelan, di hirup, dicairkan dan dicairkan kemudian disuntikan.

Pengaruh untuk siPemakai??? Ekstasi meningkatkan rasa keakraban dan rasa empati si pemakai.

Akibatnya??? Pemakai lebih emosional, sering mendapatkan diri merasa senang yang berlebihan, merasa lebih gerah, sering pusink dan lelah. Tidak bias mengendalikan tubuh yang bias merusak ginjal, hati dan gagal jantung. Pemakaian yang berlebihan depresi, gangguan jiwa, gangguan ingatan.

Heroin ( putaw, morfin, dope )

Heroin itu adalah serbuk berwarna putih dan cairan yang berjenis opodia semi sintetik. Heroin dibuat dari morfin bahan yang berasal dari tanaman candu dengan dosis yang b erbeda-beda.

Penyalahguna Cara Pemakaiannya??? Setelah memakai heroin sipemakai merasa mual, muntah, tenggorokan kering, tidak bias berkonsentrasi, pupil mata menyempit, dan acuh tak acuh pada orang lain.

Akibatnya??? Heroin sangat adiktif menyebabkan ketergantungan baik secara fisik maupun psikologis. Terjadi gangguan kesehatan berat badan turun bahkan dapat menyebabkan gizi buruk, sembelit. Juga menyebabkan haid tidak lancer.
Jika sipemakai heroin tiba-tiba dikurangkan pemakaiannya terjadi gejala putus zat (sakaw), kejang otot, menggigil, berkeringat, gelisah, tidak bias tidur, dan nyeri serta sakit diseluruh bagian badan.

Shabu ( crystal, ubas, mecin )

Shabu adalah methamphetamine. Berupa gumpalan kristal bening, dan bubuk.

Penyalahguna Cara Pemakaiannya??? Biasanya dihirup dan disuntik.

Pengaruh untuk siPemakai??? Pengaruhnya sama dengan pengaruh ganja namun sering ditanggapi oleh si pemakai bias menahan rasa lapar atau tidak merasakan lapar sama sekali.

Akibatnya??? Selera napsu makan hilang sehingga sering sipemakai shabu turun berat badannya derastis, denyut dan tekanan darah berdetak lebih kencang, selalu merasa gelisah dan sering panic.
Jika dalam dosis tinggi menyebabkan berhentinya pernapasan, kejang-kejang, dan kematian


Mengapa Remaja adalah korban terbanyak??
1.Pengaruh Pergaulan
2.Jauh dari agama
3.iwa remaja masih bersifat labil
4.kerasa ingin tahu yang tinggi
5.Tidak terpenuhinya keinginan
6.Adanya tekanan emosi yang meluap-luap tapi tidak bisa di control
7.Ingin berpamer


Dengan factor-faktor diatas bisa diketahui bagaimana cara narkotika bisa memasuki kehidupan kita dengan penjabaran diatas semua bisa ditanggulangi dengan cara kita masing- masing.

Penjelasan diatas dirasakan cukup untuk memberikan rasa takut kepada kita untuk tidak mencoba barang tersebut karena sangat merugikan bagi diri sendiri sudah pasti masa depan tidak bisa dicapai. Kehidupan gelap seperti itu tidak bisa dilihat ada sisi baiknya. Dengan cara apapun jauhilah barang tersebut.

Katakan Say No to DRUGS!!! Atau hidup sulit di dinginnya bui atau kematian???

Pilih mana??? Yang aman ajja dehh jauihi narkoba, kita bisa gaul koq tanpa barang tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar