Senin, 14 Desember 2009

Koperasi?? ya “Koperasi Ku”

Siapa apa sih yang gak tau apa itu koperasi??? yang jelas pasti diantara kita sudah mengetahui apa sih koperasi itu. Koperasi itu adalah suatu sarana yang berguna bagi kebanyakan orang maupun masyarakat.

Nah disini saya yang bernama lengkap Amelia Permatasari ingin berbagi pengalaman sebagai menjadi anggota koperasi pada masa SMP dulu, kurang lebih sekitar 6thn yang lalu tepatnya pada saat saya duduk di kelas 2 di salah satu sekolah menengah pertama di SMPN 106 Jak-Tim. Pada saat itu koperasi disekolah SMP saya tersebut yang bernama “Koperasi Ku” sedang mencari anggota baru, Dalam koperasi tersebut menjual barang-barang atau kebutuhan alat tulis bagi seluruh anggota sekolah. Pertamanya sih saya kurang tertarik untuk menjadi anggota koperasi 6bln karena menurut saya menjadi anggota koperasi itu membosankan kerjanya hanya menunggu dan menjaga koperasi serta melakukan transaksi jual beli persisnya seperti pedagang. Sampai pada akhirnya sahabat saya yang bernama Fitri yang telah menjadi anggota “Koperasi Ku” selama 2 bln bercerita kepada saya, soal pengalamannya saat menjadi anggota. Fitri pun mengatakan bahwa selama menjadi anggota itu sangat mengasikkan banyak hal-hal yang di dapat sebagai pngalaman dan pembelajaran terhadap kehidupan sehari-hari, hingtga pada akhirnya saya pun tertarik dan segera menfaftarkan diri sebagai anggota di “Koperasi Ku” dngan masa jabatan kurang lebih 6bln karena di koperasi sekolah saya menggunakan sistem berganti pada setiap 6bln jabatannya.

Setelah saya menjadi anggota koperasi dan bergabung dengan teman-teman anggota koperasi lainnya saya cukup banyak mendapatkan pengalaman dan manfaat.

Manfaat menjadi anggota koperasi :

* Bisa belajar bkerja sama dengan anggota lain untuk mendapatkan hasil.
* Belajar mengelola suatu usaha dengan baik dan tak melupakan kewajiban.
* Mengetahui dan belajar menanggulangi kejadian yang tidak diinginkan dengan sebenar-benarnya.
* Mendapatkan laba saat menjadi anggota aktif koperasi.
* Ada pinjaman lunak terhadap anggota koperasi.
* Mendapatkan SHU ( Sisa Hasil Usaha).
* Memiliki kemandirian.

Selain manfaat yang saya terima, seperti penjabaran diatas . Adapun kelebihan dan kekurangan dalam “Koperasi Ku” diantaranya :

Kelebihannya :

* Tempat lebih strategis dari pada kantin sekolah.
* Alat tulis lebigh lengkap.
* Tidak hanya menjual alat tulis tetapi menjual makanan ringan juga.
* Tempat lebih bersih, dan nyaman di banding kantin sekolah.

Kekurangannya :

* Harga lebih mahal sedikit dibanding kantin sekolah.
* Tempatnya kurang Luas.

Mungkin dengan cerita pengalaman yang saya jabarkan diatas cukup menggambarkan pengalaman serta manfaat yang diterima jika kita menjadi anggota koperasi. Semoga setelah membaca blog ini kalian tertarik dan segera mendaftarkan diri sebagai anggota koperasi di sekolah, kampus, atau ditempat saudara bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar